Pentingnya Pupuk Bagi Tanaman Hidup

Pentingnya Pupuk Bagi Tanaman Hidup

Tanaman merupakan salah satu makhluk hidup dalam kehidupan di bumi. Tanaman menjadi salah satu makhluk hidup yang dapat menyumbangkan kehidupan di bumi. Dimana tanaman akan menghasilkan oksigen sebagai salah satu unsur terpenting dalam kehidupan manusia. Oksigen merupakan sebuah unsur yang digunakan oleh manusia untuk dapat bernafas dan hidup didalam bumi. Alat pernapasan kita dirancang untuk menghirup oksigen agar dapat memberikan kita kelangsungan kehidupan. Tanaman memang merupakan makhluk hidup dimana mereka dapat berkembang dan tumbuh sehingga disebut sebagai makhluk hidup.

Tanaman dalam menjalani kehidupannya memerlukan air untuk hidup dan sinar matahari. Dimana sinar matahari dibutuhkan untuk dapat melakukan fotosintesis atau yang dikenal sebagai proses menyiapkan makanannya untuk dapat tumbuh dan berkembang. Selain membutuhkan sinar matahari, tumbuhan juga memerlukan beberapa unsur penting yang dikandung di dalam air. Dimana air merupakan komponen yang digunakan dalam kelangsungan hidup dan melakukan proses fotosintesis. Air didapatkan tanaman melalui tanah dimana akar tanaman akan memanjang dan bergerak untuk menyerap dan mendapatkan persedian air mereka di dalam tanah. Sehingga karena hal ini tumbuhan juga penting dalam menjaga bumi dari bencana alam kebanjiran.

Air yang diserap digunakan oleh tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang cukup banyak dan dilakukan setiap hari layaknya manusia minum dan makan. Komponen dalam air yang penting bagi kehidupan tumbuhan adalah unsur hara. Komponen ini penting bagi kehidupan tumbuhan. Maka dari itu, bagi tumbuhan yang dipelihara manusia terdapat produk pupuk. Dimana produk pupuk merupakan sebuah produk yang menyediakan beragam kebutuhan tanaman peliharaan untuk tumbuh. Didalam pupuk disediakan unsur hara yang baik bagi pertumbuhan tumbuhan. Maka dari itu, ketika kalian ingin memelihara tanaman pastikan tanaman kalian mendapatkan cukup unsur hara dari bantuan pupuk agar tumbuhan kalian menjadi subur dan lebat.

Pupuk merupakan sebuah produk untuk bercocok tanam yang mengandung banyak sekali unsur hara. Dimana beragam jenis pupuk tersedia di dalam pasaran untuk memenuhi kebutuhan beragam tanaman dan kegunaannya. Pupuk diproduksi untuk membantu masyarakat dalam berkebun dan bercocok tanam untuk menghasilkan tumbuhan yang lebat dan berkembang dengan baik. Pupuk sangat penting dalam kegiatan bercocok tanam ataupun berkebun karena menyediakan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan tanaman. Unsur yang dikandung oleh pupuk dan baik bagi tumbuhan antara lain adalah C, H dan O atau yang dibaca karbon, hidrogen dan oksigen. Ketiga unsur tersebut penting dalam keberlangsungan hidup tumbuhan. Selain ketika unsur tersebut, unsur lain seperti Nitrogen, fosfat, kalium, kalsium, magnesium, sulfur, iron, mangan, Cu, Zn, klor, molibdat, dan boron juga penting bagi kehidupan tanaman. Biasanya pupuk mengandung hanya jenis unsur hara tertentu atau lebih tergantung kegunaan pupuk tersebut dalam menunjang kehidupan tumbuhan tersebut.

Dalam penggunaannya, pupuk dapat diberikan kepada tanaman dalam bentuk penyebaran melalui tanah, diberikan kepada daun tumbuhan ataupun dapat diberikan melalui penyuntikkan pada stem atau batang dari tanaman tersebut. ketiga cara tersebut dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan jenis tanaman yang diberikan pupuk. Pupuk yang dapat ditemukan dalam masyarakat dapat berbentuk cair maupun padat. Selain itu, dalam proses pembuatan pupuk dalam kehidupan tanaman, dibedakan menjadi dua yakni alami dan buatan. Pupuk alami didapatkan dari kekayaan alam yang telah tersedia seperti kompos, pupuk kandang maupun dalam bentuk fosfat alam yang dapat ditemukan mudah di alam.

admin