Kebutuhan ASI Bayi Setelah Lahir
Parenting

Kebutuhan ASI Bayi Setelah Lahir

Menjadi orang tua baru tentu tidaklah mudah apalagi seorang ibu yang baru saja melahirkan sang buah hati. Tentu banyak pertanyaan yang ingin ditanyakan salah satunya seperti berapa banyak kebutuhan ASI bayi setiap hari?

Kebutuhan ASI Bayi di Fase Inisiasi

Memulai menyusui sekitar jam pertama setelah lahir dapat membantu menyediakan kolostrum yang berharga. Kolostrum awalnya kental, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dan kaya akan antibodi. Kolostrum mudah diperoleh selama fase pertama ibu menyusui, terkadang disebut fase awal bahkan sebelum dimulai.

Rata-rata, bayi akan mengonsumsi sekitar satu sendok teh kolostrum setiap kali mereka makan dalam 24 jam pertama dan masih termasuk ideal karena perut yang masih mungil.  Perut bayi hanya seukuran buah ceri di hari pertama kehidupannya, dan hanya bisa menampung 5-7 mL atau 1-1½ sendok teh ASI setiap kali makan.

Pada hari ketiga, perut bayi yang baru lahir akan mulai membesar seukuran kenari. Ini berarti jumlah ASI yang dibutuhkan bayi akan meningkat dalam waktu singkat dan perut mereka saat ini dapat menampung 22-27 ml atau ¾-1 ons per menyusui. Memberi makan bayi 8-10 kali sehari selama minggu pertama setelah lahir akan membantu meningkatkan produksi ASI yang sehat dan memadai di masa depan.

Kebutuhan ASI Bayi di Fase Aktivasi Sekretori (Pembangunan)

Tahap ini terjadi ketika mulai mengeluarkan ASI dan tidak lagi menghasilkan kolostrum. Meskipun jadwal setiap ibu berbeda, hal ini biasanya terjadi dalam 24-120 jam setelah melahirkan. Biasanya pada akhir minggu pertama, ibu menghasilkan sekitar 500 mililiter atau 16,5 ons susu setiap 24 jam. Dalam waktu sekitar 1 minggu, perut bayi akan tumbuh menjadi ukuran aprikot, mampu menampung sekitar 45-60 mL atau 1,5-2 ons susu.

Pada usia sekitar 2 minggu, bayi biasanya buang air besar setiap 24 jam dan harus mengganti setidaknya 6 popok basah dan 3 popok karena buang air besar. Perut bayi telah membesar hingga seukuran telur dan dapat menampung 80-150 ml atau 2½-5 ons setiap kali makan.

Kebutuhan ASI Bayi di Fase Pemeliharaan

Mulai dari minggu ke-4 hingga 6 bulan, jika rutinitas menyusui dan memompa tetap sama, maka suplai ASI tidak akan banyak berubah. Ini karena mulai sekitar 6 bulan, makanan baru pada akhirnya akan menggantikan sebagian susu dalam makanan bayi. Kecuali jika anda menggunakan pompa ASI, produksi ASI mungkin mulai menurun secara bertahap saat ini.

Dalam waktu 3 sampai 6 bulan, bayi mulai tumbuh lebih lambat jadi tidak diperlukan lagi susu saat ini. Bayi membutuhkan sekitar 750 mililiter (25 ons) ASI setiap hari. Rata-rata bayi membutuhkan 570-900 ml ASI setiap hari.

Frekuensi menyusui pada bulan pertama sekitar 8-12 kali sehari. Setelah usia 1-2 bulan, frekuensi menyusui cenderung berkurang menjadi 7-9 kali sehari. Temukan berbagai informasi parenting lengkap di Orami.