Ini Dia Beberapa Cara Menentukan Ahli Waris dalam Polis Asuransi
Lifestyle

Ini Dia Beberapa Cara Menentukan Ahli Waris dalam Polis Asuransi

Asuransi adalah perjanjian antara tertanggung dan penanggung dalam hal ini adalah perusahaan asuransi yang diatur dalam polis asuransi. Untuk membeli produk asuransi, tertanggung harus membayar premi asuransi setiap bulannya.

Dalam asuransi jiwa ada beberapa cara menentukan ahli waris polis asuransi.

Diatur dalam undang-undang penentuan hak waris sebagai berikut

  1. Harta waris baru terbuka dimana ini dapat diwariskan kepada pihak lain apabila terjadi suatu kematian (Pasal 830 KUHPerdata)
  2. Ahli waris harus memiliki hubungan darah dengan pewaris (Pasal 832 KUHPerdata) dengan ketentuan masih terikat dalam perkawinan ketika pewaris meninggal dunia.

Berdasarkan prinsip diatas maka yang berhak mewaris adalah orang-orang yang memiliki hubungan darah dengan pewaris. Baik itu keturunan langsung maupun orang tua atau saudara yang memiliki hubungan darah. Ada beberapa golongan yang berhak mewaris, yaitu:

  1. Golongan I adalah suami atau istri yang hidup terlama dan anak atau keturunannya
  2. Golongan II adalah orang tua dan saudara kandung pewaris
  3. Golongan III adalah keluarga dalam garis lurus ke atas sesudah bapak dan ibu pewaris
  4. Golongan IV adalah paman dan bibi pewaris dari pihak bapak maupun dari pihak ibu dan keturunannya.

Untuk calon nasabah asuransi dianjurkan untuk lebih bijak dalam menentukan hak waris dari uang pertanggungan polis yang dimiliki dengan baik dan tepat agar tidak terjadi kendala di kemudian hari. Jadi jika kamu membeli suatu produk asuransi contohnya asuransi jiwa, kamu harus mencantumkan nama ahli waris dengan jelas yang memang ada hubungan darah dengan kamu.

Asuransi jiwa umumnya memang memberikan banyak manfaat khusus untuk risiko finansial yang mungkin saja terjadi di masa depan. Asuransi jiwa gak selalu mahal. Ada juga asuransi jiwa yang terjangkau. Kamu bisa mengunjungi situs Super You by Sequis Online. Asuransi jiwa Super Life Protection hanya mulai dari Rp 30 ribu-an saja per bulan, kamu sudah terlindungi.