Bentuk Karakter Pemberani, Inilah Manfaat Olahraga di Rumah untuk Anak
Parenting

Bentuk Karakter Pemberani, Inilah Manfaat Olahraga di Rumah untuk Anak

Kita mungkin sudah tahu bahwa olahraga memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh. Selain itu, olahraga juga bagus untuk kesehatan mental. Pasalnya olahraga dapat membuat tubuh memproduksi hormon bahagia sehingga membuat perasaan dan mood kita menjadi baik. Namun tahukah Anda bahwa olahraga dirumah untuk anak juga memiliki banyak manfaat.

Biasanya ketika memasuki usia sekolah, anak-anak mulai menyukai kegiatan olahraga. Bagi orang tua, salah satu bentuk dukungan terhadap mereka adalah dengan memberikan nutrisi yang cukup. Dalam hal ini, nutrisi yang baik untuk aktivitas anak adalah segelas susu cokelat MILO yang kaya akan nutrisi dan mengandung energi yang mereka butuhkan dalam aktivitas sehari-hari.

Salah satu manfaat yang bisa didapat anak dari berolahraga di rumah, juga sebagaimana di tempat-tempat lainnya, adalah membantu untuk membentuk rasa berani dan percaya diri dalam diri mereka. Di samping itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa mereka dapatkan dengan melakukan olahraga, sebagaimana berikut.

  1. Melatih Anak Agar Mau Mencoba

Ketika anak-anak menyukai salah satu jenis olahraga, mereka secara tidak langsung akan ditantang untuk mempelajari hal-hal baru, gerakan olahraga dan sebagainya, yang sebelumnya belum mereka kuasai. Dengan belajar untuk menguasai salah satu gerakan olahraga, anak menjadi terlatih untuk mau mencoba hal baru.

  1. Melatih Anak untuk Belajar Mengambil Risiko

Ketika melakukan olahraga, ada risiko-risiko tertentu yang harus dihadapi oleh anak. Dalam bermain sepak bola atau basket misalnya, risiko yang bisa terjadi adalah terjatuh apabila anak kehilangan kontrol ketika berlari atau melompat. Meski demikian, dengan melakukan olahraga, anak dapat mengetahui adanya risiko tersebut dan belajar untuk menghadapinya.

  1. Melatih Anak untuk Bekerja Sama dengan Orang Lain

Permainan olahraga yang melibatkan sebuah tim, seperti sepak bola dan basket, dapat menjadi sarana untuk melatih kemampuan anak dalam berinteraksi dan bekerja sama dengan anak lain. Secara tidak langsung jenis-jenis olahraga seperti ini dapat melatih skill kepemimpinan si kecil dan mengasah kemampuannya untuk menemukan solusi untuk masalahnya.

  1. Melatih Anak untuk Berpikir Cepat dan Kreatif

Sebelum berolahraga, anak-anak biasanya akan diajari aturan main dan teknik yang dibutuhkan untuk melakukannya. Nah pada saat mereka mulai mempraktikkan aturan-aturan dan teknik yang telah mereka pelajari, mereka akan dituntut untuk berpikir cepat dan kreatif. Pasalnya dalam olahraga mereka harus dapat berpikir cepat dan kreatif untuk melakukan atau menyelesaikan olahraga tertentu.

Olahraga memang sangat bermanfaat untuk segala usia, tak terkecuali anak-anak. Untuk memaksimalkan kegiatan olahraga di rumah untuk anak, kita dapat mendukung mereka dengan memberikan segelas susu cokelat MILO, baik saat sarapan maupun sesudah berolahraga, yang dapat memberikan energi yang mereka butuhkan untuk berolahraga secara teratur.