Alasan Investasi Reksa Dana Cocok untuk Investor Pemula
Bisnis

7 Alasan Investasi Reksa Dana Cocok untuk Investor Pemula

Reksa dana merupakan salah satu jenis investasi kekinian yang disukai banyak orang, terutama kalangan muda. Jika Anda pemula yang masih ingin memulai berinvestasi, maka investasi reksa dana ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Apa yang menjadi alasan reksa dana cocok untuk investor pemula? Artikel ini akan membahasnya lengkap untuk Anda!

Alasan Investasi Reksa Dana Cocok untuk Investor Pemula

Berikut ini alasan mengapa investor pemula sebaiknya memilih reksa dana untuk berinvestasi:

1. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Siapa bilang investasi hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki modal besar. Anda bisa memulai investasi dengan modal yang bisa dibilang sangat kecil. Reksa dana merupakan salah satu investasi yang bisa dimulai hanya dengan Rp100.000,00 saja. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak berinvestasi.

2. Sudah Terdiversifikasi

Pada saat berinvestasi, Anda harus melakukan diversifikasi untuk meminimalisir risiko kerugian yang besar. Diversifikasi yaitu membagi modal pada beberapa jenis investasi sekaligus. Jika investasi di reksa dana, maka Anda tidak perlu melakukannya. Pasalnya Manajer Investasi sudah melakukan diversifikasi ke berbagai instrumen misalnya saham, obligasi, dan lain-lain.

3. Dikelola oleh Manajer Investasi

Investasi memang membutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang tinggi agar mampu melihat peluang dengan baik. Namun jika melakukan investasi di reksa dana, Anda tidak perlu menunggu punya pengalaman dan pengetahuan. Manajer Investasi yang profesional akan membantu menjalankan investasi. Jadi, meskipun investasi ke saham, ada manajer Investasi yang akan membantu.

4. Likuiditas Cukup Tinggi

Investasi reksa dana cocok untuk pemula karena memiliki tingkat likuiditas yang cukup tinggi. Likuiditas investasi yaitu kemudahan sebuah aset untuk dicairkan ke bentuk uang cash. Reksa dana mudah dicairkan ke bentuk cash sehingga bisa membantu Anda saat membutuhkan uang. Biasanya, Anda bisa mendapatkan uangnya hanya dalam waktu kurang lebih dua hari. Namun ada juga yang lebih dari itu, tergantung di mana Anda berinvestasi.

5. Tersedia Fasilitas Autodebet

Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika rutin berinvestasi. Namun, banyak orang yang sulit melakukannya karena aktivitasnya yang padat. Aktivitas padat seringkali membuat Anda lupa berinvestasi. Solusinya yaitu memanfaatkan fasilitas autodebet. Jadi, uang investasi akan disetorkan secara otomatis setiap bulan sesuai tanggal yang Anda tentukan.

6. Investasi yang Sangat Mudah

Bantuan Manajer Investasi membuat reksa dana menjadi jenis investasi yang mudah. Namun bukan hanya itu saja, reksa dana umumnya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi investasi. Anda tinggal memasukkan uang modal ke aplikasi untuk membeli reksa dana.

7. Bisa Dipantau dari Mana Saja

Terakhir, reksa dana merupakan jenis investasi yang sangat fleksibel. Anda bisa memantau investasi dari mana saja dan kapan saja melalui aplikasi. Semua informasinya sangat transparan. Namun pastikan Anda memilih aplikasi yang kredibel dan terpercaya.

Mulailah Berinvestasi dengan MOST by Mandiri Sekuritas

MOST by Mandiri Sekuritas merupakan aplikasi berbasis mobile yang bisa digunakan untuk investasi, termasuk reksa dana. Anda tidak perlu khawatir dengan kredibilitasnya karena berada di bawah Mandiri Group dan sudah diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Investasi reksa dana di aplikasi ini menawarkan pilihan yang beragam. Selain empat jenis reksa dana yang paling umum, ada juga reksa dana syariah. Cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi tapi takut riba. Penerapan hukum Islam pada reksa dana syariah sudah sesuai aturan. Yuk, berinvestasi dengan MOST by Mandiri Sekuritas sekarang juga!