3 Ciri Perbedaan Siomay Dan Batagor Yang Wajib Diketahui
Others

3 Ciri Perbedaan Siomay Dan Batagor Yang Wajib Diketahui

Berbuka dengan seporsi siomay terlihat menarik sepertinya. Tekstur siomay yang padat dengan adonan daging ayam di dalamnya mampu menggoda selera. Terlebih jika dikonsumsi bersama saus khas dari dimsum itu sendiri. Cocok sekali untuk berbuka sebagai hidangan pembuka. Terlebih kini disediakan siomay dalam kemasan siap saji yang memberikan kemudahan konsumsi makanan ini sendiri.

Siomay ternyata memiliki kembaran loh di Indonesia. Biasanya jika kamu perhatikan saat ada abang – abang jualan siomay, pasti akan bersandingan dengan batagor. Apakah kedua makanan tersebut sama? Tentu saja tidak. Cara pembuatan keduanya juga berbeda. Namun, keduanya memiliki penyajian yang sama yakni menggunakan saus kacang dengan campuran kecap di atasnya. Bahkan tak lupa perasan jeruk disediakan untuk memberikan rasa asam segar di dalamnya.

Jadi, apa sih bedanya siomay dengan batagor? Berikut merupakan beberapa perbedaannya

  •         Asal usul makanan

Siomay merupakan jenis makanan yang berkembang dan dibuat pertama kali di Mongolia Dalam. Daerah Mongolia sendiri terletak di perbatasan negara Rusia dengan negara China. Makanan ini disajikan sebagai menu pelengkap atau sebagai side dish minum teh bersama. Siomay sendiri memiliki beragam jenis varian seperti siomay udang, siomay ayam, siomay daging babi, siomay kepiting dan siomay sayuran. Ragam siomay ini sendiri kini bahkan memiliki penampilan premium dengan mentai hingga topping yang beragam untuk memberikan penampilan yang berbeda.

Berbeda dengan siomay ayam, batagor sendiri dikembangkan di Indonesia. Dimana batagor sendiri hadir bersama dengan siomay khas Indonesia yang dikembangkan di Bandung, Jawa Barat. Makanan ini menggunakan bumbu kacang dalam menghadirkan menu makanannya. Batagor sendiri dibuat dengan menggunakan tahu dan bakso yang digoreng. Tahu akan diisi dengan isian bakso untuk memberikan cita rasa.

  •         Cara pembuatan

Dalam membuat seporsi siomay ayam, maka kalian tidak perlu kursus khusus maupun ribet dengan menu makanan ini sendiri. Dimana siomay ayam dibuat dengan adonan daging ayam yang sudah halus dan diberikan bumbu didalamnya. Bumbu yang digunakan ada minyak wijen, bawang merah, bawang putih, merica dan sejenisnya. Dalam membuat siomay ayam, kamu perlu berlatih melipat bentuk kulit menjadi sebuah bunga.

Dalam pembuatan seporsi batagor, bisa dilakukan tanpa skill khusus. Kamu bisa menggunakan adonan daging ayam seperti membuat bakso lalu mengisinya ke dalam tahu yang sudah dibelah. Tahu yang telah diisi adonan lalu dikukus untuk mempertahankan konsistensi adonan. Setelah dikukus, adonan siap digoreng dan disajikan.

  •         Penyajian

Sebenarnya siomay ayam dengan batagor sendiri khas Indonesia memiliki saran penyajian yang sama yakni menggunakan siraman saus kacang. Namun, perbedaannya bukan disana. Dalam penyajian siomay ayam harus melalui proses pengukusan untuk bisa dikonsumsi. Pada batagor sendiri dalam menyajikan seporsi batagor harus dikukus baru bisa digoreng untuk dikonsumsi. Jadi bisa dikatakan siomay ayam disajikan dalam bentuk basah sedangkan batagor dalam bentuk kering.